Nusantara

Kiat Peternak Mustahik Binaan Baznas di Lombok Barat Persiapkan Ternak Kurban

INDOPOSCO.ID – Balai Ternak Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lombok Barat yang terletak di Desa Langko, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat merupakan salah satu titik program pemberdayaan peternak mustahik dengan mengembangkan program penggemukan dan pembiakan peternakan sapi potong. Diresmikan sejak 2019 hingga saat ini, Balai Ternak Lombok Barat telah memberdayakan peternak mustahik sebanyak 25 orang dengan populasi ternak sebanyak 91 ekor sapi.

Pada program penggemukan sapi potong ini, salah satu pasarnya yaitu pada penjualan ternak untuk kebutuhan kurban. Pada tahun 2021 ini Balai Ternak Baznas Lombok Barat juga diberdayakan oleh BAZNAS untuk menyuplai kebutuhan ternak Kurban Online Baznas.

Adapun berbagai persiapan telah dilakukan oleh peternak mustahik dalam memberikan kurban terbaik bagi mudhohi yang berkurban. Kiat yang dilakukan oleh peternak adalah menerapkan SOP pemeliharaan, monitoring rutin, dan quality control.

Pendamping program Balai Ternak Baznas Lombok Barat, Penas, menyampaikan persiapan untuk mempersiapkan ternak kurban ini telah dimulai setahun ke belakang melalui pemeliharaan yang sesuai SOP. Setiap ternak akan diberikan pakan yang menunjang peningkatan bobot sehingga sapi yang dijadikan kurban memiliki bobot yang sesuai dengan spesifikasi yang diminta.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button