Gaya Hidup

Keutamaan dan Manfaat Puasa Tasu’a dan Asyura Bagi Umat Muslim

INDOPOSCO.ID – Bulan Muharram dalam Islam menjadi pembuka penentuan penanggalan hijriah, yang dimuliakan Allah SWT. Karenanya, banyak umat Islam mempersiapkan amalan sunah.

Salah satu amalan sunnah di bulan Muharram yang dilakukan ialah puasa. Terdapat dua jenis puasa sunnah yang dianjurkan umat muslim yaitu, puasa Tasu’a dan puasa Asyura.

Puasa Tasu’a dilaksanakan pada 9 Muharram, sedangkan puasa Asyura dapat dilaksanakan umat muslim pada 10 Muharram. Umat Islam sangat dianjurkan menjalankan puasa sunnah.

Dalam hadis Riwayat Abu Qatadah bahwa menjalankan puasa asyura ini akan bisa menghapus dosa-dosa kita selama satu tahun. Sementara riwayat lain, berkata berbeda tentang keutamaan puasa Asyura.

“Dosa-dosa kita diampuni oleh Allah. Tapi menurut Imam Tirmidzi hanya dosa-dosa kecil,” kata Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas melalui gawai di Jakarta, Selasa (10/8/2021).

Puasa sunah Asyura dan Tasu’a berawal peristiwa Nabi Muhammad SAW hijrah dari Makkah ke Madinah pada Rabiul Awal. Nabi Muhammad bertemu orang Yahudi yang berpuasa Asyuro.

Puasa itu dilakukan sebagai rasa syukur Nabi Musa AS di hari Asyura, di mana Allah SWT menyelamatkan Bani Israil dari ancaman musuh. Dari pertemuan itu baru lah umat muslim dianjurkan berpuasa. Puasa ini menjadi berhukum sunah untuk dilakukan.

“Kita melaksanakan apa yang dianjurkan nabi. Ini jelas sebuah sikap yang terpuji,” ujar Anwar.

Ia menambahkan, keutamaan lain melakukan puasa sunnah Tasu’a dan puasa Asyura yang penuh keberkahan, ampunan dan rakhmat dapat ebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. “Akan semakin mendekatkan diri kita kepada Allah SWT,” tandasnya.

Adapun niat puasa Tasu’a yakni, ‘Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnatit taasuu’aa sunnatan lillâhi ta’ala.’ Artinya: “Saya berniat puasa Tasua, sunah karena Allah Ta’ala.

Sementara niat puasa Asyura yakni ‘Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnatil âsyûrâ lillâhi ta’ala.’ Artinya: “Saya berniat puasa sunah Asyura esok hari karena Allah SWT. (dan)

Sponsored Content
Back to top button