Internasional

Ketegangan India-China Menurun

INDOPOSCO.ID – China terlihat telah membongkar lusinan bangunan dan memindahkan kendaraan untuk mengosongkan seluruh kamp di sepanjang perbatasan Himalaya yang disengketakan, di mana pasukan India dan China telah saling berhadapan sejak musim panas lalu, sebagaimana ditunjukkan dalam gambar satelit yang dirilis pada Rabu (17/2/2021).

Negara bertetangga yang masing-masing bersenjata nuklir itu pekan lalu mengumumkan rencana untuk menarik kembali pasukan, tank, dan peralatan lainnya dari tepi Pangong Tso, danau glasial di wilayah Ladakh, yang menjadi titik utara dalam sengketa perbatasan yang berkepanjangan.

Citra satelit dari beberapa daerah di tepi utara Pangong Tso mulai Selasa yang dipasok oleh Maxar Technologies menunjukkan bahwa beberapa kamp militer China, yang terlihat di sana pada akhir Januari, telah disingkirkan.

“Tindakan serupa juga terjadi dari pihak kami,” seorang pejabat India di New Delhi, yang meminta tidak disebutkan namanya saat mereka diberi wewenang untuk berbicara dengan media, kepada Reuters.

Menteri Pertahanan India Rajnath Singh mengatakan kepada parlemen bahwa kedua belah pihak telah setuju untuk menarik kembali pasukan “secara bertahap, terkoordinasi dan diverifikasi” di sekitar Pangong Tso, setelah itu para komandan militer akan membahas untuk mengakhiri kebuntuan di bagian lain dari perbatasan Ladakh.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button