Nasional

Kerumunan Iduladha dan Demo Tolak PPKM Darurat Percepat Penularan Covid-19

INDOPOSCO.ID – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat harus dijalankan dengan keptuhan dan kedisiplinan dari semua pihak. Sehingga mampu menekan laju penyebaran Covid-19.

“Keterpaduan kita menjalankan PPKM darurat sangat penting. Tidak bisa yang satu ketat, yang satu kendor,” kata Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi dalam keterangan virtual, Rabu (21/7/2021).

Namun, masih ada yang melanggar penerapan kebijakan pengetatan aktivitas masyarakat tersebut. Seperti yang terjadi ketika perayaan Iduladha 1442 Hijriah, tidak mengindahkan imbauan pemerintah.

“Pemerintah menemukan beberapa daerah, yang masih melakukan pelanggaran protokol kesehatan,” tutur Jodi.

Padahal Kementerian Agama telah menerbitkan edaran Nomor SE 17 tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di tempat Ibadah dan Malam Takbiran, salat Iduladha dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban 1442 H/2021 M di Wilayah PPKM Darurat.

“Masih ada yang tidak menghiraukan surat edaran Menteri Agama tentang penerapan protokol kesehatan, dalam penyelenggaraan salat idul adha dan pelaksanaan kurban tahun 1442 Hijriah,” ujar Jodi.

Ia juga menyayangkan demonstrasi menolak perpanjangan PPKM darurat atau PPKM Level 4 di Bandung dan Ambon. Aksi unjuk rasa berujung kerumunan dapat meningkatkan risiko kenaikan kasus Covid-19.

“Juga sangat disayangkan ada kerumunan massa di Bandung dan Ambon,” sesalnya.

Padahal penyaluran aspirasi sudah tersedia, pemerintah daerah yang terpilih secara demokratis tentu membuka cara menyerap aspirasi masyarakat.

“Mari jangan ambil risiko terberat bila ada cara yang lebih aman. Tindakan ini sangat disayangkan karena akan sangat meningkatkan risiko penularan Covid-19 varian Delta,” tandasnya. (dan)

Sponsored Content
Back to top button