Gaya Hidup

Kenali Gejala dan Penyebab Kerusakan Hati

INDOPOSCO.ID – Sirosis hati atau kerusakan hati menahun karena fibrosis hati, merupakan hal yang sangat menakutkan. Sebab, penyakit ini tidak memiliki gejala yang khas pada masa stadium awal.

Tapi, kerusakan hati ini memiliki risiko kematian yang tinggi pada stadium lanjut, yaitu pada stadium dekompensasi. Satu-satunya langkah yang efektif adalah melakukan deteksi dini penyakit hati. Lalu bagaimana cara mengenali gejala sirosis dan penyebabnya?

Sirosis hati secara perlahan akan mengakibatkan menurunnya fungsi hati dan meningkatkan tekanan vena portal. Hal ini berjalan bertahun-tahun tanpa memberikan gejala dan tanda klinis yang tidak disadari. Namun perkembangan ini dapat dihambat atau dihentikan bila penyebabnya diobati.

“Penyebab sirosis hati dapat diketahui melalui deteksi dini melalui pemeriksaan klinis dan laboratoris,” ujar dr. Agus Sudiro Waspodo Sp. PD – KGEH dari Siloam Hospital ASRI melalui Edukasi Webinar, Kamis (29/4/2021).

Gejala khusus yang harus diketahui, yaitu ketika penderita sirosis kerap mengalami rasa mual, muntah secara kontinyu, lemas dan mengalami penurunan nafsu makan.

“Gejala khusus lainnya adalah timbulnya rasa tidak nyaman di daerah perut sebelah kanan bagian atas, bagian mata yang berwarna putih menjadi menguning dan atau muntah darah,” jelasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button