Nasional

Kemudahan Layanan Digital Kementerian ATR/BPN Minimalkan Sengketa Tanah

INDOPOSCO.ID – Pemerintah terus mengenalkan layanan digital dalam hal pelayanan publik. Perkembangan itu turut dilakukan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Untuk memperbaiki layanan publik dalam hal pertanahan, Kementerian ATR/BPN telah meluncurkan beberapa layanan pertanahan berbasis elektronik.

Diantaranya, Hak Tanggungan Elektronik (HT-el), Informasi Zona Nilai Tanah (ZNT), Pengecekan Sertifikat Tanah serta Pembuatan Surat Keterangan Pendaftaran Tanah.

Semua layanan berbasis elektronik itu sudah berlaku di seluruh kantor pertanahan di seluruh Indonesia. Sehingga masyarakat dapat menggunakannya tanpa batas dan dapat diakses dari mana saja.

Staf Khusus Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Pengembangan Teknologi Informasi, Della R. Abdullah mengurai, berbagai kemudahan menggunakan layanan digital. Memangkas jalur birokrasi dan mencegah praktik mafia tanah.

“Digitalisasi akan meminimalisir sengketa tanah. Terutama pencegahan praktik-praktik mafia tanah, tumpang tindih serfitikat. Serta memotong jalur birokrasi yang selama ini banyak ditemukan masyarakat,” kata Abdullah dalam Sosialisasi Program Strategis Nasional Kementerian ATR/BPN di Sukabumi, Jumat (10/9/2021).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button