Nasional

Kemkominfo Bersama Kemendikbudristek Ajak Sekolah Buat Website yang Aman, Informatif, dan Menarik

INDOPOSCO.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama GNLD Siberkreasi dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemendikbudristekdikti) kembali mengadakan Webinar Digital Society pada Kamis (05/08) yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube dan Facebook Page Siberkreasi serta kanal You Tube Kemkominfo TV dan Direktorat Sekolah Dasar.

Dalam kegiatan kali ini, pokok bahasan webinar tersebut berkaitan dengan cara membuat website sekolah yang aman, informatif, dan menarik sehingga bisa menjadi sumber informasi dan portal belajar bagi anak didik.

Mengangkat tema “Yuk Buat Website Sekolah yang Aman, Informatif, dan Menarik”, kegiatan ini mengundang berbagai pakar yang relevan di bidangnya sebagai narasumber. Sebelum berdialog dengan para narasumber, webinar dibuka dengan Keynote Speech dari Semuel Pangerapan, B.Sc (Dirjen Aptika Kemkominfo) dan Jumeri, S.TP., M.Si. (Dirjen PAUD, Dikdas dan Dikmen Kemdikbudristek).

Dalam sambutannya, Dirjen Semuel menegaskan bahwa dalam menghadapi perkembangan teknologi yang sangat cepat, literasi digital merupakan kunci dan fondasi utama yang harus kita semua miliki. Oleh karena itu, Kemkominfo dan Siberkreasi berkomitmen akan terus melakukan upaya peningkatan literasi digital masyarakat lewat berbagai macam inisiatif kegiatan yang diharapkan dapat memfasilitasi dan semakin mendorong terwujudnya masyarakat digital Indonesia.

“Keadaan normal yang baru baik sekarang maupun pasca pandemi akan mempercepat proses digitalisasi di berbagai lini kehidupan kita, maka dari itu kita harus mempersiapkan SDM kita dengan keterampilan digital yang sesuai untuk menghadapi perubahan ini,” ujar Semuel.

Senada dengan Semuel, dalam sambutannya, Dirjen Jumeri juga mengajak masyarakat bermigrasi dari tradisional ke digital.

Menurutnya, sekolah sebagai pusat ilmu dan perkembangan harus bisa mengedukasi masyarakat untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam menyikapi perubahan. Web sekolah dapat menjadi sarana komunikasi antara sekolah dan orang tua juga berinteraksi dengan masyarakat luas.

“Web sekolah ini merupakan sarana penting untuk menginformasikan secara cepat, akurat, simple, murah, akuntabel, dan berdaya jangkau luas, jadi mari tingkatkan penggunaan website agar keunggulan sekolah makin luas dikenal,” kata Jumeri.

Tips dan Trik Membuat Website yang Aman, Informatif, dan Menarik

Dalam membuat sebuah website yang aman, informatif, dan menarik sekaligus, dibutuhkan keterampilan khusus. Hal ini tentunya juga tidak terlepas dari kebutuhan akan infrastruktur dengan fitur-fitur keamanan dalam pembuatan website itu sendiri.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button