Nusantara

Kemeriahan Ramadan ala Gerebek Kampung di Pelosok Halimun, Cianjur

INDOPOSCO.ID – Grebek Kampung Ramadan kembali bergulir. Di tahun ini menyasar wilayah pelosok Jawa Barat. Tepatnya di Kampung Halimun, Desa Mekar Jaya, Cikalong Kulon, Cianjur, Jawa Barat, pada Sabtu (24/4/2021). Perjalanan dari Ibukota, Jakarta harus ditempuh dengan waktu 3 jam. Wilayah terpencil tersebut dikelilingi hutan dan infrakstruktur jalan yang belum memadai. Tentu berdampak pada fleksibilitas masyarakat Kampung Halimun dalam giat ekonominya. Kampung Halimun dihuni 47 Kepala Keluarga (KK), terpilih menjadi penerima manfaat program Grebek Kampung Ramadan Dompet Dhuafa.

Menurut Mustaki, selaku perwakilan dari Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM) Dompet Dhuafa, “Grebek Kampung merupakan bentuk kegiatan di suatu kampung, dengan variasi program yang kita gelar, seperti Pesantren Kilat, Dongeng Ceria, buka bersama, pembagian sembako dan aktivitas lainnya. Dalam menunjang Grebek Kampung Ramadan tahun ini, Kampung Halimun menjadi pilihannya. Karena daerah tersebut terisolir, kemudian juga salah satu Desa yang cukup besar di Desa Mekar Jaya berpenduduk mayoritas muslim. Grebek Kampung sudah berjalan sejak Jumat (23/4/2021) kemarin. Sahur bersama dan Pesantren kilat sebagai awalan acara dan hari ini dilanjutkan dengan pembagian zakat fitrah sebanyak 160 paket.

“Luar biasa masyarakat antusias dengan adanya grebek kampung. Mereka bersama-sama menyiapkan santap sahur dan berbuka, begitupun dengan anak-anak yang antusias mengikuti kegiatan pesantren kilat hingga dongeng ceria. Alhamdulillahnya lagi, Dompet Dhuaf mendapat apresiasi dari tokoh masyarakat setempat dengan adanya kegiatan ini. Rencana selain di Kampung Halimun, Cianjur, Grebek Kampung selanjutnya akan bergulir di Kampung Nanggung, Bogor, Jawa Barat,” tambah Mustaki.

Hiruk pikuk masyarakat Kampung Halimun, dalam menyiapkan lebih dari 100 paket menu berbuka terselip dari para muda-mudi kampung. Mereka turut andil menjadi relawan di dapur. Aini (25) dengan cekatan memotong wortel hingga buah-buahan untuk disajikan saat berbuka, tidak hanya itu, Linda (26) kebetulan pas pulang kampung dan turut membantu kegiatan Grebek Kampung.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button