Nasional

Kementerian PUPR: Padat Karya Perumahan Tingkatkan Perekonomian Nasional

INDOPOSCO.ID – Pembangunan yang dilaksanakan pemerintah di sektor infrastruktur dan perumahan akan ikut mendorong pertumbuhan ekonomi di masa pandemi ini. Sektor perumahan juga dinilai menambah fungsinya bagi masyarakat sekaligus menjadi penggerak berjalannya ratusan sektor industri perumahan serta membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat melalui padat karya tunai.

“Sektor infrastruktur serta perumahan khususnya melalui Program Sejuta Rumah sangat berperan dalam upaya pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa pandemi ini,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid di Jakarta, Selasa (24/8/2021).

Menurut Khalawi, di masa pandemi ini rumah khususnya rumah yang layak huni merupakan salah tempat yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Selain menjadi tempat tinggal, rumah juga memiliki banyak fungsi lainnya di masa pandemi ini antara lain sebagai tempat bekerja atau kantor, belajar bagi anak-anak sekolah, tempat beribadah bahkan menjadi tempat isolasi mandiri bagi masyarakat yang terpapar virus Covid-19.

Berdasarkan data yang dimiliki, imbuhnya, sektor properti atau real esttae merupakan salah satu sektor yang tumbuh positif pada triwulan I tahun 2021 yakni sebesar 0,94 persen. Selain itu, sektor properti juga berperan dalam menggerakkan serta memiliki dampak pada berjalannya sebanyak 174 subsektor industri serta mendukung berbagai sarana yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

“Dalam pelaksanaan Program Sejuta Rumah kami juga berupaya untuk memprioritaskan penggunaan bahan baku lokal serta memanfaatkan sumber daya domestik dan diproduksi di dalam negeri. Sedangkan untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, kami memiliki program padat karya dengan merektur pekerja untuk pelaksanaan konstruksi perumahan sehingga bisa mengurangi angka pengangguran,” tandasnya.

Lebih lanjut, Khalawi menambahkan, pelaksanaan pembangunan perumahan di Indonesia juga sangat membutuhkan kolaborasi antar pemangku kepentingan bidang perumahan. Hal itu dikarenakan masalah perumahan menjadi salah satu kebutuhan dasar masyarakat yang harus dipenuhi apabila Indonesia ingin meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Pada bulan Agustus ini, imbuhnya, pemerintah memperingati Hari Perumahan Nasional (Hapernas) agar seluruh stakeholder perumahan kembali ingat akan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Pemerintah bergerak dalam penyusunan perijinan yang kemudahan investasi, pengembang membangun rumah dengan kualitas yang baik, perbankan menyalurkan bantuan pembiayaan perumahan untuk masyarakat.

Peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) dilaksanakan setiap tanggal 25 Agustus. Adapun tema yang diangkat pada peringatan Hapernas tahun 2021 adalah Padat Karya Perumahan Pulihkan Ekonomi Rakyat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button