Nasional

Kementan & IPDMIP Latih Petani Teknik Persemaian Benih Padi

INDOPOSCO.ID – Begitu bergantungnya masyarakat pada beras, mendorong Kementerian Pertanian RI (Kementan) terus berupaya meningkatkan kemampuan petani melakukan persemaian benih padi, berupa areal untuk proses benih menjadi bibit unggul yang siap tanam.

Kementan didukung Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP) melatih petani di Daerah Irigasi (DI) melalui Sekolah Lapang IPDMIP (SL) yang tersebar pada 74 kabupaten di 16 provinsi. Ini agar memahami persemaian benih padi, karena sangat berpengaruh pada pertumbuhan tanaman padi.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi mengatakan, cara menanam padi secara baik dan benar harus dikuasai para petani. Ini guna meningkatkan hasil panen, karena permintaan beras yang tidak pernah menurun.

“Untuk itu, para petani seharusnya memiliki pengetahuan dasar terkait cara penanaman padi yang baik dan benar agar hasil panennya sesuai target,” katanya.

Hal itu, lanjut Dedi, sejalan dengan instruksi dan arahan Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo bahwa sektor pertanian merupakan penopang utama perekonomian nasional, menyangkut hajat hidup orang banyak sekaligus menjaga stabilitas nasional di tengah Pandemi Covid-19.

“Mengetahui persemaian benih padi sangat penting. Bagaimana benih disemai dan sebagainya harus dikuasai petani, karena vital mendukung produktivitas hasil panen,” ujar Mentan Syahrul.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button