Nasional

Kementan Genjot Industri Porang di Madiun

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pertanian menyatakan siap mengembangkan industri porang yang rencananya dipusatkan di Madiun, Jawa Timur, dan dikembangkan menjadi pasar ekspor.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Surabaya, Sabtu, meyakinkan Presiden Joko Widodo bahwa dengan membangun pabrik olahan porang, yang budi dayanya sudah banyak dikembangkan di wilayah Madiun.

“Terlebih, porang dengan berbagai macam produk olahannya, diyakini berkhasiat untuk kesehatan,” ujarnya di sela kegiatan proses pelepasan komoditas pertanian melalui Terminal Peti Kemas, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Sabtu (14/8).

Menurut dia, saat ini permintaannya tidak terbatas di seluruh dunia karena khasiatnya banyak untuk kesehatan, salah satunya bisa menyembuhkan penyakit diabetes, dan bisa diet.

Ia menyampaikan harga porang sekarang mengacu pada komoditas serupa yang banyak diekspor dari negara Jepang, yakni senilai Rp240 ribu per kilogram.

“Dan itu kita bisa buat. Insya Allah, sesuai perintah Presiden, sekitar 20 Agustus nanti akan diresmikan pembangunan pabrik olahannya di Madiun,” ucap dia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button