Nasional

Kementan dan Brimob Siap Perkuat Pangan Nasional

INDOPOSCO.ID – Komandan Satuan Brimob Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan (Sulsel) Komisaris Besar Muhammad Anis mendukung upaya Kementerian Pertanian (Kementan) dalam meningkatkan ketahanan pangan nasional melalui pemanfaatan lahan tidur serta pengadaan benih sayur dan jagung yang unggul dan berkualitas.

“Apalagi program tersebut melibatkan langsung Korps Brimob Polri di seluruh Indonesia. Kami laporkan juga bahwa kami punya terobosan kreatif, terdapat 500 hektare yang kami bangun sebagai kampung sayur,” ujar Anis saat menghadiri Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Korbrimob Polri bertemakan Strategi Kementan dengan Korbrimob Polri untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan dalam Mendukung Program Ketahanan Pangan Nasional di Gedung Satya Haprabu, Korbrimob Polri, Kelapa Dua Depok, Jawa Barat, Rabu (24/3/2021).

Anis mengatakan, kampung kreatif yang melibatkan masyarakat itu kini sudah menghasilkan banyak manfaat. Diantaranya mampu menyuplai 1 ton sayur untuk kebutuhan dapur bencana gempa di Sulawesi Barat beberapa tahun lalu.

“Bahkan sampai saat ini masih berjalan sumbangan ke panti asuhan baik di sekitar Gowa, Takalar maupun Makassar. Ini bisa kami dilakukan karena adanya peningkatan produksi, dimana kami berhasil membuat pupuk buatan organik yang kita olah dari sampah,” katanya.

Senada, Komandan Satuan Bantek Gegana Korps Brimob Kelapa Dua Mabes Polri, Kombes Pol Dadang Raharja mengatakan, saat ini anggotanya terus dibekali pelatihan bertani untuk menguatkan sistem ketahanan dan kemandieian pangan nasional. Lebih dari itu, Brimob bahkan menyiapkan langkah strategis lainya seperti membuka lapangan pekerjaan melalui sektor pertanian.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button