Nasional

Kemenparekraf Buka Ruang Kolaborasi dengan Seniman

INDOPOSCO. ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menginstruksikan jajarannya membuka ruang kolaborasi dan lapangan kerja bagi para seniman, termasuk lewat Tahlil Budaya yang digelar secara hibrida setelah masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Darurat (PPKM) Darurat.

“Kita akan cari satu solusi agar acara ini berlangsung dalam bingkai protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. Kita bisa lalu berinovasi, beradaptasi dan berkolaborasi,” kata Sandiaga Uno dalam keterangannya seperti dikutip Antara, Kamis (15/7/2021).

Pandemi Covid-19 berdampak langsung terhadap nasib para seniman maupun pekerja seni nasional. Pembatasan sosial hingga kegiatan masyarakat secara langsung menutup ruang berkreasi maupun pekerjaan mereka, termasuk seniman yang tergabung dalam Forum Seniman Peduli (FSP) Taman Ismail Marzuki.

Tak hanya kehilangan mata pencaharian, belasan orang seniman FSP Taman Ismail Marzuki pun dinyatakan meninggal dunia sejak terjadi pandemi. Kabar duka itu disampaikan Koordinator FSP Taman Ismail Marzuki, Exan Zen ketika berdiskusi dengan Sandiaga Uno secara virtual, Rabu (14/7/2021).

Penyebabnya pun disampaikan Exan tak hanya pandemi Covid-19, tetapi juga tidak adanya ruang berkreasi lantaran kawasan Taman Ismail Marzuki kini tengah direvitalisasi.

“Kawan-kawan seperjuangan di Forum Seniman Peduli selama masa pandemi ini sudah ada 17 orang yang meninggal dunia. Bukan hanya karena kena Covid, mungkin penyebab lain karena selama revitalisasi Taman Ismail Marzuki, tidak ada kegiatan apa-apa,” ungkap Exan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button