Nasional

KemenkopUKM dan Pemkab Purbalingga Lakukan Sinergi Program Bidang KUMKM

INDOPOSCO.ID – Menindaklanjuti arahan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki untuk menyampaikan target dan kegiatan prioritas 2021 kepada semua pemangku kepentingan utama, Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim mengunjungi Kabupaten Purbalingga, wilayah yang mempunyai potensi UKM bidang logam.

Dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Purbalingga tersebut, Arif mendesiminasikan target target pembangunan bidang koperasi dan UMKM 2020-2024 dan kebijakan prioritas 2021 pasca penetapan PP 7/2021 tentang Kemudahan, Perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan UMKM.

“Ada beberapa peluang yang bisa dimanfaatkan dengan pembinaan dari Pemkab Purbalingga” ungkap Arif, dalam cara Raker Bidang KUMKM dengan Pemkab Purbalingga, yang dihadiri Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, di Purbalingga, Sabtu (10/4/2021).

Antara lain, pendampingan Pemda kepada pelaku UMKM dalam mengakses pembiayaan, terutama menangkap peluang meningkatnya proporsi pembiayaan KUMKM pada 2022. “Pemkab dan pelaku UMKM juga harus  menangkap peluang 40% alokasi belanja pemerintah bagi produk produk KUMKM,” imbuh Arif.

Selain itu, pendampingan Pemkab Purbalingga bagi pelaku UMKM agar bisa memanfaatkan 30% insfrastruktur publik bagi pelaku UMKM. Begitu juga dengan pembinaan Pemkab Purbalingga bagi UMKM sektor manufaktur/logam untuk masuk dalam ekosistem rantai pasok industri nasional/global.

Berkaitan hal tersebut, Kementerian Koperasi dan UKM pada Tahun 2021 telah melaksanakan rintisan program/kegiatan dan pada Tahun 2022 akan melanjutkan kegiatan prioritas atas mandat PP No.7 Tahun 2021. “Antara lain, penanggungan biaya, pembinaan, dan pendampingan usaha mikro dalam perizinan usaha dan bantuan hukum,” jelas Arif.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button