Nasional

Kemenko PMK Sebut Puspaga Berperan Penting Cegah Perkawinan Usia Dini

INDOPOSCO.ID – Pusat pembelajaran Keluarga (Puspaga) berperan penting dalam upaya pencegahan perkawinan usia dini sebagai layanan informasi dan konsultasi yang dilakukan tenaga ahli untuk mendukung orang tua menjalankan tanggung jawab mengasuh dan melindungi anak.

”Agar dapat menjangkau seluruh keluarga Indonesia Puspaga ditargetkan dapat memberikan pelayanan pada 10.000 keluarga tiap tahunnya, hingga Maret 2021 sudah ada 174 Puspaga di 12 provinsi dan 158 kabupaten/kota termasuk di Kota Solok,” kata Asdep Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Anak, Kemenko PMK Silvani di Solok, Sabtu (24/4/2021).

Ia menyampaikan hal itu pada saat kunjungan kerja ke Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) di Solok, Sumatera Barat.

Berkenaan dengan hal tersebut dalam dalam rangka koordinasi, sinkronisasi dan pengendalian pelaksanaan kebijakan program prioritas nasional di bawah koordinasi Kemenko PMK Asdep Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Anak akan mengadakan monitoring dan evaluasi kebijakan pemenuhan hak dan perlindungan anak.

“Khususnya implementasi peran Puspaga dalam upaya pemenuhan hak anak dan perlindungan anak terutama di masa pandemi COVID-19 di Kota Solok,” katanya.

Menurut dia, dalam upaya pemenuhan hak anak dan perlindungan anak untuk menciptakan Kota Solok sebagai kota layak anak dengan 24 kriterianya, maka Forum Anak Daerah (Forda) dan Puspaga memiliki peranan yang sangat penting di kota itu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button