Ekonomi

Kemenko Marves Dorong Sabang Jadi “Green Port” Melalui Panel Surya

INDOPOSCO.ID – Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) mendorong kemitraan strategis serta kerja sama di bidang pengembangan serta pengelolaan infrastruktur Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang melalui pemasangan solar PV (PhotoVoltaic) ataupun panel surya.

Kemitraan tersebut direalisasikan dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) bersama PT Empat Mitra Indika Tenaga Surya (EMITS) dan Enertec Mitra Solusi (ENERTEC) di bidang Energi Baru Terbarukan (EBT) dalam mewujudkan pelabuhan bebas Sabang menjadi green port.

“Kerja sama ini bertujuan memajukan potensi Kota Sabang selaku kota niaga serta pelabuhan bebas melalui pengembangan infrastruktur tenaga listrik panel surya atap,” tutur Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Marves Basilio Dias Araujo yang menyaksikan penandatangan MoU di Jakarta seperti dikutip Antara, Kamis (12/8/2021).

Deputi Basilio menilai pemanfaatan panel surya merupakan cara tepat untuk mengimbangi biaya energi, mengurangi dampak lingkungan, dan mendukung bidang usaha lokal dan berkontribusi pada kemandirian energi khususnya di wilayah Sabang.

Panel surya atap merupakan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan. Kemitraan serta pengembangan usaha tersebut meliputi pemasangan Solar PV oleh Konsorsium PT Enertec Mitra Solusi Channel Partner serta PT Empat Mitra Indika Tenaga Surya pada bangunan maupun lahan yang sudah dikelola BKPS dengan besaran kapasitas 50 MW (megawatt).

“Kerja sama ini terintegrasi dengan kajian bisnis serta investasi, pelibatan investor dari dalam serta luar negeri, termasuk pengembangan sarana dan prasarana terutama di Pelabuhan Sabang,” ucapnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button