Nasional

Kemenkes Umumkan Lima Klaster Baru Muncul dalam Sepekan

INDOPOSCO.ID – Kementerian Kesehatan melaporkan temuan klaster baru dalam sepekan terakhir yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia. Beberapa daerah seperti Pati, Banyumas dan Semarang menjadi daerah tempat klaster-klaster tersebut.

“Pekan ini muncul berbagai klaster, seperti perkantoran, buka puasa bersama, Tarawih di Banyumas, mudik di Pati hingga takziah di Semarang,” kata Juru Bicara Covid-19, Siti Nadia Tarmizi seperti dikutip Antara, Jumat (30/4/2021).

Siti Nadia mengatakan kemunculan klaster baru sangat mengkhawatirkan sebab tingkat penyebaran virus yang bersifat masif sehingga jumlah warga yang positif terinfeksi Covid-19 meningkat dalam waktu singkat.

Dikatakan Siti Nadia, situasi itu bisa terjadi karena dalam waktu yang singkat terjadi interaksi tanpa menjalankan protokol kesehatan yang tepat. Siti Nadia menyatakan terdapat tiga faktor utama pemicu klaster baru, di antaranya kelalaian masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan. “Terutama saat melaksanakan ibadah Tarawih berjamaah,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button