Nasional

Kemenhub Target Revitalisasi Stasiun Bekasi Kelar Akhir Tahun Ini

INDOPOSCO.ID – Pemerintah melalui Kementerian Perhuhugan (Kemenhub) menargetkan revitalisasi Stasiun Bekasi, Jawa Barat yang termasuk bagian dari proyek pembangunan rel dwiganda (double double track/DDT) Manggarai-Cikarang paket B selesai pada akhir tahun 2021.

“Hari ini (Minggu, red) kita menyaksikan bahwa pemerintah secara konsisten walau di masa pandemi tetap membangun,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam pernyataan pers di Jakarta, Minggu (18/4/2021).

Ditjen Perkeretaapian serta PT KAI secara konsisten melakukan pembangunan Jabodetabek untuk prasarana rel dwiganda dan empat stasiun dengan dana lebih dari Rp6 triliun. “Artinya, kita memberikan perhatian yang luar biasa pada masyarakat di Jabodetabek,” ujar Menhub.

Menhub menyampaikan, pengembangan Stasiun Bekasi sudah mencapai 77,84 persen. Selain Stasiun Bekasi, Kemenhub melalui Ditjen Perkeretaapian juga tengah merevitalisasi Stasiun Manggarai, Jatinegara dan Cikarang yang juga dapat melayani kereta api jarak jauh selain Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

Menhub menjelaskan, pembangunan rel dwiganda dan revitalisasi stasiun ini dilakukan untuk mengoptimalkan perjalanan kereta jarak jauh. “Apa artinya DDT? Artinya jalur kereta keluar kota (jarak jauh) dan kereta dalam kota itu akan dipisahkan. Jadi akan ada 4 (empat) rel dari Manggarai hingga Cikarang,” ujar Menhub dikutip Antara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button