Headline

Kemenhub Perketat Syarat Perjalanan saat Liburan Iduladha

INDOPOSCO. ID – Staf Khusus Menteri Perhubungan dan Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menegaskan pengetatan syarat perjalanan saat libur Hari Raya Iduladha sebagai bentuk antisipasi lonjakan kasus Covid-19.

Dengan adanya Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 14 Tahun 2021, Adita dalam Konferensi Pers soal Pembatasan Kegiatan Masyarakat Selama Libur Hari Raya Iduladha 1442 Hijriah secara daring diakses di Jakarta, Sabtu (17/7) malam, mengatakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga sudah menurunkannya dalam bentuk Surat Edaran Kementerian Perhubungan (SE Kemenhub) untuk semua moda transportasi.

“Dan sebenarnya efeknya cukup signifikan menurunkan mobilitas masyarakat yang menggunakan transportasi umum. Saya bisa sampaikan datanya bahwa untuk transportasi angkutan udara ya bahkan turunnya sampai 70 persen dibandingkan sebelum pemberlakuan Surat Edaran (Satgas COVID- 19) Nomor 14 (Tahun 2021),” katanya seperti dikutip Antara, Minggu (18/7/2021).

Lalu, menurut dia, untuk penurunan penggunaan angkutan darat mencapai 40 persen, angkutan penyeberangan 39 persen, angkutan laut turun 40 persen dan angkutan kereta api antarkota maupun perkotaan bahkan turun sampai 80 persen.

Ia juga mengatakan mobilitas masyarakat menggunakan KRL setelah adanya penerapan terkait dengan adanya syarat Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) dan lainnya, serta untuk pekerja sektor esensial dan kritikal saja itu turun sampai 58 persen.

“Jadi sebenarnya mobilitasnya sudah turun signifikan. Namun demikian dalam situasi libur Iduladha apalagi, inikan ada juga ya tradisi-tradisi masyarakat kita yang kemudian melakukan semacam pulang kampung atau perjalanan-perjalanan yang lain terkait kegiatan keagamaan. Nah inilah yang harus diantisipasi,” ujar dia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button