Nasional

Kemenhan Benarkan Soal Pengadaan Enam Pesawat dari Korsel

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pertahanan (Kemenhan) membenarkan tengah melakukan proses pengadaan enam unit pesawat Latih Tempur Lead-In Fighter Training (LIFT) jenis T- 50i Golden Eagle dari Korea Selatan.

“Ini merupakan kontrak pengadaan kedua, dan kelanjutan kerja sama dengan perusahaan Korea Aerospace Industries (KAI),” kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kemhan, Marsma TNI Penny Radjendra seperti dikutip Antara, Kamis (22/7/2021).

Dikatakan Kemenhan RI telah melakukan kerja sama dengan KAI cukup lama, yaitu sejak 2014. Pada awal tahun 2014, Kemenhan pertama kali menerima 16 unit pesawat latih tempur lead-in fighter training (LIFT) jenis T- 50i Golden Eagle dari KAI Korea Selatan selaku produsen pesawat tersebut.

“Untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan TNI AU, pada tahun 2021 Kementerian Pertahanan melanjutkan kerja sama tersebut dengan konsep akumulasi 6 bagian pesawat Tempur T-50i dengan KAI,” ujar Penny).

Proses pengadaan enam unit T-50i itu, kata dia, telah melalui prosedur dan aturan yang berlaku dengan melibatkan kementerian/lembaga terkait.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button