Nasional

Kemendagri Fasilitasi Pemda Untuk Bangun “Smart City”

INDOPOSCO.ID – Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Hari Nur Cahya Murni menjelaskan pihaknya akan memfasilitasi pemda dalam merencanakan serta menganggarkan dana untuk menunjang pembangunan “Smart City” (Kota Cerdas).

“Pengadaan infrastruktur dasar untuk memenuhi syarat menjadi Kota Cerdas (Smart City) memerlukan investasi yang tidak sedikit,” tutur Cahya di Pembukaan Kegiatan Riset serta Rating Transformasi Digital dan Kota Cerdas, Senin (2/8).

Oleh karena itu, tuturnya, Kemendagri memfasilitasi pemerintah daerah (pemda) dari sisi perencanaan serta penganggaran.

Fasilitas itu direalisasikan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 90 Tahun 2019 mengenai Klasifikasi, Kodefikasi, serta Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah. Permendagri tersebut dapat menjadi acuan bagi pemda untuk menyusun dokumen perencanaan pembangunan dan keuangan daerah dalam rangka mendukung program Kota Cerdas.

“Nanti masuk ke nomenklatur pengelolaan informatika,” tambah Cahya, seperti dikutip dari Antara.

Untuk mendukung pembangunan Kota Cerdas, Kemendagri juga memiliki peran untuk mendorong serta membimbing pemda dalam melaksanakan integrasi kebijakan nasional pada dokumen perencanaan serta penganggaran daerah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button