Nasional

Kemendag Bidik Peningkatan Ekspor ke Tiongkok

INDOPOSCO.ID – Kementerian Perdagangan (kemendag) membidik peningkatan ekspor RI ke Tiongkok sebagai upaya memperkuat kerja sama bilateral kedua negara melalui kunjungan kerja sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju ke Tiongkok, yang dijadwalkan berlangsung pada 1-3 April 2021.

Para menteri dalam delegasi tersebut yaitu Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi, dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi.

“Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekspor Indonesia ke Tiongkok menjadi 100 miliar dolar AS pada 2024,” ungkap Mendag Lutfi melalui keterangan resmi diterima Antara di Jakarta, Sabtu.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, ekspor Indonesia ke Tiongkok pada 2020 tercatat sebesar 31,78 miliar dolar AS atau naik 13,64 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara total perdagangan kedua negara di tahun yang sama tercatat sebesar 71,41 miliar dolar AS.

Sejumlah pertemuan diagendakan dalam kunjungan kerja para Menteri tersebut, di antaranya pertemuan dengan pejabat pemerintah Provinsi Fujian, Wakil Menteri Perdagangan Tiongkok Zhang Ziangchen, serta state councillor/Menteri Luar Negeri RRT, Wang Yi. Mendag Lutfi juga bertemu dengan Chairman China Agricultural Wholesale Market Association (CAWA) Ma Zengjun dan Chairman Shandong Timber and Wood Association Yang Yuelu.Selain itu para pelaku usaha Tiongkok yang fokus pada perdagangan produk pertanian, perikanan, dan furnitur.

Mendag Lutfi menyampaikan hasil dari kunjungan kerja tersebut yaitu Indonesia berhasil mencapai kesepakatan perdagangan dengan Tiongkok senilai 1,38 miliar dolar AS atau Rp20,04 triliun.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button