Nasional

Kemampuan Pemda Baca Data Penting Dalam Penanganan Covid-19

INDOPOSCO.ID – Ketua Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyampaikan, kemampuan pemerintah daerah (pemda) membaca data sangat penting dalam usaha penanganan Covid-19 di daerahnya masing- masing.

“Kita sudah berada dalam situasi pandemi Covid-19 selama satu setengah tahun, mengingat hal tersebut saya berharap pemimpin daerah mampu membaca data secara lebih cermat agar dapat mengantisipasi kenaikan kasus,” ujar Wiku dalam konferensi pers” Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia Per 10 Agustus 2021″ dipantau via daring di Jakarta, Selasa (10/8).

Ia menambahkan dengan membaca data secara cermat, pemerintah daerah juga dapat menyiapkan strategi penanganan Covid-19 terbaik untuk daerahnya masing- masing sebelum terjadi lonjakan kasus.

“Sebagai contoh, apabila melihat ada kenaikan angka positif maka pimpinan daerah harus langsung mengamati angka ketersediaan tempat tidur di rumah sakit untuk memantau kapasitas rumah sakit di daerahnya dan usaha penanganan maksimal yang dapat diambil dalam masa tersebut,” kata Wiku, dikutip dari Antara.

Ia meminta kepada gubernur dan wali kota serta bupati dibawahnya yang wilayahnya masih mengalami kenaikan lasus terbilang tinggi seperti Sulawesi Tengah, Kalimantan Selatan, dan Sumatera barat serta provinsi lainnya dimohon untuk segera mengantisipasi dan mempersiapkan fasilitas pelayanan kesehatan agar kasus yang naik dapat dikendalikan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button