Nusantara

Kelelahan Jinakkan Karhutla di Kalteng, Seorang Petugas Meninggal

INDOPOSCO.ID – Akibat kelelahan memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Desa Pamait, Kecamatan Dusun Selatan, Kamis (29/7/2021), salah seorang petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), Fahrul Fauzi (43) akhirnya meninggal dunia.

Kepala Pelaksana BPBD Barito Selatan Alip Suraya melalui Kasi Kedaruratan dan Logistik Suwono mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi terjadi kebakaran hutan dan lahan di desa Pamait tersebut sekitar pukul 12.00 WIB.

“Begitu mendapat informasi, sebanyak 35 personel pun mempersiapkan peralatan dan langsung bergerak menuju Desa Pamait menggunakan mobil,” ujarnya.

Setelah itu, anggota BPBD harus berjalan kaki sekitar 1,5 kilometer dengan medan yang sangat berat, sebab mereka harus berjalan pada danau yang airnya sedang surut, penuh rumput tinggi dan berlumpur untuk menuju ke lokasi karhutla tersebut. Karena kondisi kebakaran hutan dan lahannya sangat luas lebih dari 5 hektare (ha) pihaknya langsung melakukan penyekatan.

Kemudian setelah itu mundur ke posko 1 sekitar 200 meter dari titik api untuk beristirahat sejenak sambil berjaga-jaga serta mengantisipasi supaya api tidak menjalar ke permukiman penduduk.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button