Nasional

Keistimewaan Bulan Muharram, Bisa Menjadikan Pahala Amalan Dilipatgandakan

INDOPOSCO.ID – Tahun Baru Islam 1443 Hijriah atau 1 Muharram jatuh pada 10 Agustus 2021. Pada tanggal tersebut dikaitkan dengan momentum hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah.

Bulan Muharam memiliki keutamaan luar biasa bagi kaum Muslimin, karena termasuk dari Arba’atun hurum (4 bulan yang diharamkan) dan bulan yang dimuliakan Allah SWT.

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengatakan, beramal dan berbuat kebajikan di bulan Muharram ini akan mendapat pahala berlipat ganda dari Allah SWT.

anymind

“Usahakan jangan sampai luput memanfaatkannya dengan banyak-banyak beribadah seperti membaca Alquran, salat sunnah yang sudah ditentukan agama,” kata Anwar melalui gawai di Jakarta, Selasa (10/8/2021).

Serta membantu orang lain dan melakukan perbuatan-perbuatan terpuji lainnya. Selain itu, salah satu amalan yang dapat dilakukan ialah, puasa sunnah Tasua dan Asyura.

Puasa Tasua dilaksanakan pada 9 Muharram, sedangkan puasa Asyura dapat dilaksanakan umat muslim pada 10 Muharram. Keistimewaan puasa ini paling dipuji Allah SWT setelah puasa Ramadan.

“Sangat diingatkan oleh nabi dalam bulan Muharram ini, agar kita jangan lupa melaksanajan Puasa Asyura yang dilaksanakan tanggal 10 Muharram,” jelas Anwar.

Ada ulama berpendapat bahwa dengan berpuasa Asyura, maka dosa-dosa seseorang setahun yang lalu akan diampuni oleh Allah SWT. Namun, ada juga yang berpendapat berbeda.

“Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Al-Tarmidzi dikatakan, bahwa dosa yang akan diampuni oleh tersebut hanya dosa-dosa kecil saja,” ujar Anwar. (dan)

Sponsored Content
Back to top button