Internasional

Kedai Kopi Unggulan Indonesia Dibuka di Mesir

INDOPOSCO.ID – Kedai kopi unggulan (specialty coffee) Indonesia pertama, Villa Sumatra, dibuka di Mesir sebagai bagian dari upaya diplomasi kopi yang gencar dilakukan oleh KBRI Kairo, Minggu (8/8/2021) .

Kedai kopi yang bertempat di area elit Medical Park Premier (MPP) New Cairo itu khusus menyuguhkan berbagai macam kopi berkualitas tinggi asal Indonesia dari jenis arabika, berbeda dari biji kopi robusta yang sudah banyak diimpor oleh pelaku usaha kopi Mesir.

“Harapan kita dengan pembukaan kedai Villa Sumatra ini, kopi primadona Indonesia semakin meningkat pasarnya di Mesir, yang juga dapat menjadi hub untuk ekspo specialty coffee Indonesia ke negara lainnya,” tutur Duta Besar RI untuk Mesir Lutfi Rauf pada sambutan peresmian kedai itu, seperti dikutip Antara, Senin (9/8/2021).

Dubes Lutfi menegaskan kalau pemerintah akan terus memberikan dukungan serta perhatian penuh untuk para pelaku usaha kopi, khususnya pegiat kopi Indonesia di Mesir. Pendiri serta owner Villa Sumatra, Haytham Shawkat Husein, menyampaikan apresiasinya atas dukungan KBRI Kairo dalam importasi kopi unggulan dari Indonesia sampai pendirian kedai kopi tersebut.

Haytham berharap ketika pandemi mereda, dia dapat kembali berkunjung ke Indonesia untuk mencari dan membawa lebih banyak specialty coffee lain yang tersebar di daerah Sumatera, Sulawesi, Jawa, Flores, serta Papua. Tidak hanya itu, ia juga tengah membidik pasar produk tanaman herbal Indonesia.

Dalam pembukaan Villa Sumatra itu turut hadir secara virtual Ketua Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) Daryanto Witarsa serta Ketua Dewan Pembina SCAI Delima Hasri Azahari, yang secara interaktif berkesempatan melakukan komunikasi langsung dengan Haytham.

Daryanto berharap kehadiran kedai Villa Sumatra dapat meningkatkan transaksi dagang yang signifikan dalam mendorong kenaikan permintaan pasar Mesir atas produk specialty coffee asal Indonesia.

Haytham mengungkapkan kalau dia juga membutuhkan tenaga-tenaga barista yang handal serta terampil untuk dapat meracik beragam specialty coffee Indonesia di kedainya, yang rencananya akan bertambah di waktu mendatang.

Melalui fasilitasi SCAI, Indonesia sebagai peringkat keempat “Barista Terbaik Dunia” diharapkan dapat memberi pelatihan pengembangan kapasitas serta lokakarya di bidang specialty coffee untuk melatih para barista lokal di Mesir.

Atase Perdagangan KBRI Kairo Irman Adi menjelaskan kegiatan peresmian kedai specialty coffee pertama Indonesia itu merupakan inovasi baru dalam rangkaian program diplomasi kopi Indonesia di Mesir.

Kedai kopi tersebut dapat mempromosikan serta memasarkan beragam specialty coffee asli Indonesia, seperti kopi Sumatera Gayo, Sinabung Honey, Lintong, Karo, Sinabung Wine, Long Berry, dan Cascara. (mg2/wib)

Sponsored Content
Back to top button