Ekonomi

Kebijakan PPnBM Percepat Pemulihan Industri Otomotif

INDOPOSCO.ID – Kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah terkait dengan industri kendaraan bermotor, yakni PMK No 20/PMK 010/2021 dan Kepmenperin No 169 Tahun 2021 tentang Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), menjadi alasan utama kenaikan luar biasa yang dicatat industri otomotif Indonesia sejak pandemi Covid-19 melanda pada 2020 lalu.

Kebijakan relaksasi pajak PPnBM adalah sebuah kebijakan yang digagas oleh Kementerian Perindustrian bersama dengan Kementrian Keuangan dan Kementrian Koordinator Perekonomian dengan melibatkan GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia).

Setelah melalui proses pertimbangan yang matang kebijakan PPnBM resmi belaku sejak Maret 2021. Ketua Umum GAIKINDO Yohannes Nangoi mengatakan, kebijakan PPnBM memberikan percepatan luar biasa terhadap upaya pemulihan industri otomotif.

“Industri otomotif harus bangkit dan terus bergerak. Apalagi menopang lebih dari 1,5 juta tenaga kerja di Indonesia,” ujar Yohannes Nangoi dalam keterangan, Sabtu (24/4/2021).

Kebijakan Pemerintah dalam bentuk relaksasi PPnBM kendaraan bermotor, menurutnya menjadi momentum bangkitnya industri otomotif Indonesia. Terbukti semenjak diberlakukannya kebijakan PPnBM, terjadi lonjakan penjualan atau wholesale kendaraan bermotor.

“Ada lonjakan pemenuhan insentif pemerintah hingga 172 persen pada Maret 2021, dibanding dengan penjualam dibulan Februari 2021. Angka pencapaian total pada Maret 2021 mencapai lebih dari 85 ribu unit, mendekati angka pencapaian normal yang berada pada angka sekitar 90 ribu unit,” bebernya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button