Headline

Kebijakan MRT Populerkan Sepeda Jadi Alat Transportasi

INDOPOSCO.ID – Anggota Komisi V DPR RI, Toriq Hidayat menyambut baik pengembangan fasilitas bagi para pesepeda oleh MRT Jakarta dan menyatakan kebijakan tersebut berpotensi semakin mempopulerkan penggunaan sepeda sebagai alat transportasi.

“Fasilitas yang diberikan oleh MRT kepada para pesepeda akan semakin mendorong masyarakat menjadikan sepeda tidak hanya sebagai alat olahraga, alat rekreasi, tapi juga sebagai alat transportasi,” kata Toriq Hidayat dalam rilis yang diterima Antara di Jakarta, Jumat (30/4/2021).

Seperti diketahui, pihak MRT saat ini sudah menyediakan ramp untuk naik-turun sepeda nonlipat serta parkir sepeda atau bike rack di beberapa stasiun MRT.

Pihak MRT, kata Toriq lagi, rencananya akan membangun fasilitas conveyor belt atau eskalator sepeda di tangga stasiun, cart khusus sepeda di fitur eskalator, dan menjadikan lift eksisting bisa dimasuki pesepeda.

“Penambahan ini untuk mempermudah pesepeda menuju gerbong kereta MRT, karena masukan dari masyarakat pesepeda, fasilitas yang ada saat ini belum optimal. Hal ini sangat bagus, bahwa pengembangan fasilitas MRT didasarkan pada kebutuhan masyarakat,” paparnya.

Menurut Toriq, sejak pandemi Covid-19 melanda, tren bersepeda menjadi salah satu kegiatan yang banyak digemari masyarakat.

Selain untuk olahraga dan rekreasi, lanjutnya, sepeda juga digunakan sebagai sarana transportasi yang mudah dan murah.

“Saat ini banyak masyarakat yang menggunakan sepeda dari rumah menuju stasiun selanjutnya menggunakan moda transportasi seperti kereta api, KRL, MRT dan LRT yang tersedia ke tempat tujuan, ke kantor atau tempat rekreasi,” ungkap Toriq.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button