Nasional

Kasus Suap Mantan Bupati Probolinggo, KPK Periksa Sekda dan Kepala Dinas

INDOPOSCO.ID – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur, Soeparwiyono dan sejumlah kepala dinas serta pihak terkait lainnya diperiksa tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pemeriksaan dalam kapasitas sebagai saksi ini merupakan pendalaman kasus dugaan suap seleksi jabatan dengan tersangka mantan Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari.

“Hari ini (11/10/2021) pemeriksaan saksi tindak pidana korupsi (TPK) terkait seleksi jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo tahun 2021 untuk tersangka Puput Tantriana Sari (PTS),” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri, kepada Indoposco.id, Senin (11/10/2021).

Ali menjelaskan, pemeriksaan para saksi dilakukan di Polres Probolinggo Kota. Ada sebanyak 11 saksi yang diperiksa termasuk Sekda Pemkab Probolinggo Soeparwiyono.

Ali mengungkapkan, ada sejumlah kepala dinas yang diperiksa tim penyidik KPK yakni Doddy Nur Baskoro, Kepala Dinas (Kadis) Tenaga Kerja Kabupaten Probolinggo; Sugeng Wiyanto, Kadis Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan; Hudan Syarifuddin, Kepala Badan Kepegawaian; dan Dedy Isfandi, Kepala Dinas Perikanan.

Selain itu kata Ali, ada sejumlah saksi lainnya yakni Hendro Purnomo, perangkat desa; Sugito, pensiunan/DPRD Kabupaten Probolinggo dari Fraksi Nasdem; Hapsoro Widyonondo Sigid, notaris; Pudjo Witjaksono, swasta; Winata Leo Chandra, honorer pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Probolinggo; dan Mariono, Sekretaris Dinas Perpustakaan Kabupaten Probolinggo.

Ali menjelaskan, tim penyidik, telah melakukan penggeledahan secara berturut-turut pada Jumat (24/9/2021) yang berlokasi di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) atau Mal Pelayanan Publik, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur dan Sabtu (25/9/2021) yang berlokasi di 2 tempat yaitu rumah kediaman dari pihak yang terkait dengan perkara ini, beralamat di Kalirejo Dringu, Kabupaten Probolinggo dan di Semampir Kraksaan, Kabupaten Probolinggo.

Dari 3 lokasi tersebut, kata Ali, ditemukan dan diamankan bukti di antaranya berbagai dokumen yang terkait dengan perkara.

“Selanjutnya akan dicocokkan mengenai keterkaitan bukti-bukti dimaksud dengan perkara ini dan kemudian dilakukan penyitaan untuk melengkapi berkas perkara tersangka Puput Tantriana Sari dan kawan-kawan,” ujar Alo.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button