Nasional

Kasus Positif Perpekan Kembali Alami Penurunan

INDOPOSCO.ID – Ketua Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyampaikan, kasus positif perpekan kembali mengalami penurunan menjadi 225.635 kasus dari pekan sebelumnya 273.891 kasus, atau turun sebesar 48.256 kasus.

“Penurunan kasus positif di pekan ini menandakan telah terjadi penurunan kasus selama tiga pekan berturut- turut, penurunan kasus positif perpekan di tingkat nasional itu tentunya adalah perkembangan baik yang perlu terus dipertahankan,” ujar Wiku dalam konferensi pers” Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia Per 10 Agustus 2021″ dipantau via daring di Jakarta, Selasa (10/8).

Ia menambahkan positivity rate rata-rata perpekan juga mengalami penurunan, yaitu menjadi 23,57 persen dari pekan sebelumnya sebesar 25,18 persen.

Meski terjadi penurunan kasus positif, Wiku mengatakan, pemerintah tetap perlu melanjutkan PPKM level 1-4 karena jumlah kasus masih terbilang tinggi jika dibandingkan dengan sebelum terjadi lonjakan kasus.

“Kasus harian kita berkisar di angka 5 ribu-7 ribu kasus, sedangkan saat ini masih berada di angka 20.000-40.000 kasus,” paparnya, dikutip dari Antara.

Memasuki pekan keenam PPKM level 1-4 ini, ia mengemukakan, pada tingkat provinsi terdapat lima provinsi masih menunjukkan kenaikan kasus positif yang cukup besar, yakni Nusa Tenggara Timur (NTT) naik sebanyak 2.303 kasus, Sulawesi Tengah bertambah 1.733 kasus, Bangka Belitung naik 982 kasus, Kalimantan Selatan naik 624 kasus, dan Sumatera barat naik 587 kasus.

“Dan ke lima provinsi ini berada di luar Jawa-Bali,” ucapnya.

Sementara untuk kenaikan kasus aktif tertinggi di tingkat provinsi, Wiku menyampaikan, disumbang oleh Sumatera Utara, Sulawesi Tengah, Kalimantan Selatan, dan Sumatera Barat, dan Sulawesi Selatan.

“Namun, kabar baiknya adalah kasus aktif di tingkatan nasional juga turun selama dua pekan berturut-turut di mana di pekan ini turun 17 persen dari puncaknya pada tanggal 25 Juli lalu,” kata Wiku.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button