Nasional

Kasus Gratifikasi dan TPPU Mantan Bupati Probolinggo, KPK Periksa Empat Saksi

INDOPOSCO.ID – Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), memeriksa empat saksi terkait kasus gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dengan tersangka mantan Bupati Probolinggo, Provinsi Jawa Timur, Puput Tantriana Sari dan suaminya Hasan Aminuddin.

“Hari ini (13/10/2021) pemeriksaan saksi tindak pidana korupsi (TPK) terkait seleksi jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo tahun 2021, dugaan gratifikasi dan TPPU untuk tersangka Puput Tantriana Sari dan kawan-kawan,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri, kepada INDOPOSCO, Rabu (13/10/2021).

Ali menjelaskan, keempat saksi yang diperiksa itu yakni Rachmad Hidayanto, Camat Pajarakan; Poedjiono, pensiunan; Astono Sutjahyo, swasta; dan Edy Suryanto, pegawai negeri sipil (PNS). Pemeriksaan dilakukan Polres Probolinggo Kota.

Sebelumnya, Selasa (12/10/2021), kata Ali, tim penyidik KPK telah memeriksa 11 saksi di Polres Probolinggo Kota yakni Poedji Widajani, notaris; I Nyoman Agus Pradnyana, notaris; Winda Permata Erianti, PNS; Fenny Herawati, notaris; Nuzul Hudan (fungsional pertama pengadaan pada Bagian Barang dan Jasa Setda Kabupaten Probolinggo); Cahyo Rachmad Dany (Kasi Evaluasi dan Pelaporan Bidang Jasa Konstruksi dan Peralatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Probolinggo); Ugas Irwanto (Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik); Taufiqi (Kabid Mutasi Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Probolinggo); Taupik Alami (Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo); Hengki Cahjo Saputra (Kadis PUPR Kabupaten Probolinggo) dan Widya Yudyaningsih (Subbag Keuangan, Dinas PUPR Kabupate Probolinggo).

Ali nengatakan seluruh saksi hadir dan didalami pengetahuannya, antara lain terkait dugaan penerimaan gratifikasi oleh para tersangka yang salah satunya bersumber dari pemberian ASN di lingkungan Pemkab Probolinggo dan kepemilikian aset berupa tanah di beberapa wilayah di Kabupaten Probolinggo.

Untuk diketahui KPK menetapkan status terbaru eks Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan suaminya Hasan Aminuddin sebagai tersangka gratifikasi dan TPPU.

Sebelumnya, pasangan suami istri itu terjerat OTT (operasi tangkap tangan) kasus jual beli jabatan kepala desa.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button