Nasional

Kasus Dokter Lois Diusulkan Diproses Otoritas Profesi

INDOPOSCO.ID – Tersangka kasus penyebaran hoaks soal ‘tidak percaya Covid-19’, dokter Lois Owien mendapat rekomendasi dari polisi, agar kasusnya diproses lebih lanjut otoritas profesi kedokteran.

Pihak kepolisian memastikan proses hukum terhadap Lois tetap berjalan, meski penyidik memutuskan tidak melakukan penahanan terhadap tersangka.

“Polri memberikan catatan bahwa terduga dapat diproses lebih lanjut secara otoritas profesi kedokteran,” kata Direktur Tindak Pidana Siber (Dirtipidsiber) Bareskrim Polri Brigjen Slamet Uliandi di Jakarta, Selasa (13/7/2021).

Meski tak menahan tersangka, polisi mengedepankan upaya preventif agar permasalahan serupa seperti Lois di media sosial tak kembali terulang.

“Polri dalam hal ini mengedepankan upaya preventif, agar perbuatan seperti ini tidak diikuti oleh pihak lain,” tutur Slamet.

Ia menambahkan konten yang dilakukan dokter Lois diduga ditujukan untuk memengaruhi opini publik. Karenanya, setiap orang diminta harus bijak bersosmed.

“Kami melihat bahwa pemenjaraan bukan upaya satu-satunya, melainkan upaya terakhir dalam penegakan hukum, atau diistilahkan ultimum remedium,” jelasnya.

Hasil pemeriksaan kepolisian, dokter kontroversi itu mengakui kesalahannya karena telah menyampaikan opini mengenai Covid-19 kepada publik belakangan ini.

Lois mengakui opini yang dibangun di media sosial itu membutuhkan penjelasan medis. Namun, hal itu terlanjut tersebar di media sosial dan berujung pada jalur hukum.

“Segala opini terduga yang terkait Covid, diakuinya merupakan opini pribadi yang tidak berlandaskan riset,” imbuh Slamet. (dan)

Sponsored Content
Back to top button