Nasional

Kasus Covid-19 Secara Global Naik 9 Persen, Satgas: Salah Satunya karena India

INDOPOSCO.ID – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengungkapkan, Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) menyatakan saat ini pandemi Covid-19 sedang tumbuh secara eksponensial. Hal ini ditandai dengan penambahan jumlah kasus yang konstan dalam jumlah besar.

“WHO mencatat kenaikan kasus global mencapai 9 persen dan menjadi peningkatan ketujuh kali berturut-turut dan angka kematian juga melonjak 5 persen,” kata Wiku seperti dikutip dari kanal YouTube BNPB Indonesia, Jumat (16/4/2021).

Dia menyebut salah satu penyebabnya, ditengarai melonjaknya kasus yang ada di India akibat kegiatan berkerumun yang tidak dilarang pemerintah setempat. Namun, tren memprihatinkan di berbagai belahan dunia, bertolak belakang dengan tren di tanah air.

“Dalam beberapa bulan terakhir di Indonesia, menunjukkan banyak tanda perbaikan, yang dibuktikan berangsur-angsur membaik perkembangan di Indonesia,” ucap Wiku.

Berdasarkan data lanjut Wiku, pada minggu ini saja di Indonesia terjadi penurunan sebesar 14,2 persen untuk penambahan kasus positif. Dan penurunan 17,6 persen pada penambahan kematian. Namun menurut dia, tren perbaikan ini menunjukkan kerja keras dan kolaborasi antara seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat. Sehingga Indonesia menjadi bangsa yang tangguh, bahkan di tengah pandemi sekalipun.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button