Nasional

Kasus Covid-19 di Tiga Provinsi Ini Masih Fluktuatif

INDOPOSCO.ID – Perkembangan kasus positif Covid-19 per provinsi di Indonesia mengalami tren penurunan. Khususnya di wilayah Pulau Jawa dan Bali.

Dalam hal tersebut, Bali mengalami tren penurunan 53,45 persen, Jawa Tengah 59,82 persen, Daerah Istimewa Yogyakarta 67,94 persen, Jawa Timur 80,59 persen, Jawa Barat 83,48 persen, Banten 90 persen dan DKI Jakarta 93,72 persen.

Ketua Bidang Data Dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah mengatakan, jika dilihat dari puncak kasus jumlahnya relatif baik karena penurunannya mencapai 65,81 persen.

“Jadi kita lihat memang puncak itu memang benar-benar turun lebih dalam dan alhamdulilah-nya memang tidak ada tren naik. Masih konsisten masih dalam fase penurunan kasus,” kata Dewi dalam keterangan virtual, Kamis (2/9/2021).

Namun, provinsi di Pulau Jawa dan Bali dengan jumlah penduduk yang banyak masih menjadi penyumbang kasus aktif tertinggi untuk nasional. Angkanya 60-70 persen kasus aktif nasional berasal dari Pulau Jawa dan Bali.

Sementara provinsi luar Pulau Jawa-Bali, rata-rata menunjukan tren positif yakni mengalami penurunan. Meski penurunan kasus berbeda-beda di masing-masing provinsi.

Seperti Maluku Utara sudah mencapai 85 persen, Kepulauan Riau 85 persen dan Kalimantan Barat 87 persen. Selain itu, ada provinsi mengalami penurunan masih 50 persen.

“Kiita masih punya pekerjaan rumah tetap menurunkan kasus aktif serendah-rendahnya bisa di bawah 100.000 akan jauh lebih baik lagi,” ujar Dewi.

Sementara terdapat tiga provinsi yang masih fluktuatif, yakni Kalimantan Utara, Papua dan Sumatera Utara. Itu dilihat dari kasus aktifnya belum konsisten turun.

“Jadi ada penurunannya sudah sangat stabil, ada juga sudah turun dan kembali naik lagi,” imbuhnya. (dan)

Sponsored Content
Back to top button