Nusantara

Karang Taruna Padang Raih Omset Jutaan Rupiah dari Budi Daya Ulat Hongkong

INDOPOSCO.ID – Karang Taruna Batu Badoro di Padang, Sumatera Barat berhasil membudidayakan ulat Hongkong hingga bisa meraih omset Rp3 juta – Rp5 juta per bulan.

“Ulat Hongkong ini awalnya kami beli 1 ons Rp12 ribu, lalu kami budi daya sampai akhirnya bisa menghasilkan sampai 33 kilogram sekali panen,” kata Ketua Karang Taruna Batu Badoro Padang David Aldi Reinier di Padang, Minggu (21/3/2021).

Ulat Hongkong merupakan larva dari proses metamorfosi kumbang kecil, yang memiliki kandungan proteinsangat tinggi juga kalori yang sangat berguna untuk pakan berbagai hewan.

David mengatakan panen ulat Hongkong dilakukan sekali 20 hari dan ulat tersebut dijual Rp65 per kilogram.

Budi daya ulat Hongkong mulai digelutinya sejak awal mulai pandemi COVID-19 sekitar Maret 2020 dan panen sekitar bulan Juni 2021.

Berawal dari melakukan studi banding ke Bogor untuk usaha ekonomi produktif lalu balik ke Padang dengan membawa salah satu pembudidaya ulat tersebut hingga akhirnya ia dan anggotanya mampu membudidayakan ulat itu.

Prospek budi daya ulat Hongkong cukup menjanjikan karena pasarnya luas apalagi permintaan ulat Hongkong di Padang untuk pakan burung berkicau cukup tinggi.

“Dalam seminggu permintaan ulat Hongkong di Padang mencapai 40 kilogram, saya sampai kewalahan memenuhi permintaan tersebut,” ujar dia, seperti dilansir Antara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button