Headline

Kapolda NTT akan Tutup Pelaksanaan Vaksinasi yang Timbulkan Kerumunan

INDOPOSCO.ID – Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Kapolda NTT) Irjen Lotharia Latif menegaskan akan menutup sejumlah lokasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang menimbulkan kerumunan di Kota Kupang karena melanggar hukum.

“Kalau ada pelaksanaan vaksinasi Covid-19, tolong supaya diperhatikan SOPnya, kalau menimbulkan kerumunan kami akan tutup,” kata Kapolda NTT Irjen Lotharia Latif seperti dikutip Antara, Jumat (16/7/2021)

Bahkan, dalam sebuah video yang beredar, masyarakat yang ingin menerima suntikan vaksin terpaksa menerobos pagar kampus itu, hingga pagar tersebut roboh. “Penghentian sementara pelaksanaan vaksinasi Covid-19 itu bagi penyelenggara vaksinasi yang tidak taat SOP demi keselamatan masyarakat,” ujar dia.

Kapolda NTT mengimbau agar bagi instansi atau lembaga tertentu yang akan menyelenggarakan kegiatan vaksinasi Covid-19 dalam rangka percepatan vaksinasi, diharapkan bisa berkoordinasi dengan gugus tugas Covid-19 dan Polri dari jauh-jauh hari.

Koordinasi itu, ujar dia, agar vaksinasi yang dilaksanakan tidak menimbulkan kerumunan bahkan kericuhan seperti yang terjadi beberapa hari lalu di Kota Kupang, dan dikhawatirkan menimbulkan klaster baru penularan Covid-19.

“Jangan sampai niat baik, tetapi perencanaan dan pelaksanaan serta pengamanan tidak sesuai aturan, malah menimbulkan klaster baru dan kekecewaan masyarakat” kata dia lagi.

Lebih lanjut, menurutnya, Polda NTT juga sudah mengevaluasi beberapa kegiatan vaksinasi Covid-19. Ia menyampaikan terima kasih bagi beberapa pihak yang sudah menggelar vaksinasi dengan tertib. (mg3/wib)

Sponsored Content
Back to top button