Gaya Hidup

Kanker Payudara Bisa Terjadi pada Pria dan Bisa Lebih Ganas

INDOPOSCO.ID – Dokter dan Ahli Bedah Onkologi dari Rumah Sakit Kanker Dharmais Bob Andinata mengatakan kanker payudara juga dapat terjadi pada pria dan memiliki sifat yang lebih ganas dibandingkan.

“Pengobatannya juga harus lebih cepat karena kanker payudara pada pria lebih ganas dibanding pada wanita,” ujar Bob dalam talkshow virtual Skrining dan Deteksi Dini Sadari Kita Pasti Bisa yang diikuti di Jakarta, Kamis.

Bob mengatakan, perihal tersebut bisa dipengaruhi oleh sebagian faktor risik seperti obesitas (kelebihan berat badan), terdapatnya keanehan pada testis yang menciptakan hormon testosteron ataupun terdapatnya keanehan sindrom seperti ginekomastia ataupun kondisi payudara laki- laki menyamai payudara perempuan pada umumnya.

Pemakaian hormonal jangka panjang seperti pemakaian obat- obatan prostat, tutur ia, pula dapat memacu terbentuknya kanker payudara pada laki- laki.

Walaupun tercatat bisa terjadi hanya berkisar antara satu hingga 2 persen, ia berkata kanker payudara pada laki-laki bisa menyebar secara lebih agresif dibanding dengan kanker payudara yang dialami oleh perempuan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button