Internasional

Kanada Wajibkan Penilaian Risiko untuk Lindungi Kekayaan Intelektual

INDOPOSCO.ID – Kanada mengeluarkan pedoman baru penelitian dan mewajibkan evaluasi rinci atas kemitraan penelitian universitas untuk melindungi hak kekayaan intelektual dan menjaga informasi sensitif dari tangan pemerintah asing. Pedoman penelitian baru itu,muncul saat mata-mata dan campur tangan asing di Kanada mencapai tingkat Perang Dingin tahun lalu. Sebagian besar terjadi karena kerentanan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

“Dengan mengharuskan penilaian risiko yang diajukan dengan permintaan dana penelitian, pedoman wajib baru ini akan membantu melindungi penelitian, pengetahuan, serta kekayaan intelektual Kanada,” ujar Menteri Inovasi Francois- Philippe Champagne seperti dikutip Antara, Selasa (13/7/2021)

“Kami tidak akan mempertaruhkan keamanan nasional dan ekonomi Kanada. Proyek yang dianggap berisiko tinggi, atau di mana risikonya tidak dapat dikurangi, tidak akan didanai,” tambahnya.

Pemimpin oposisi konservatif Erin OToole telah menyerang pemerintahan Perdana Menteri Liberal Justin Trudeau dalam beberapa pekan terakhir karena tak memberikan rincian lebih lanjut tentang kasus di mana dua peneliti China dikeluarkan dari Laboratorium Mikrobiologi Nasional Winnipeg pada 2019. Kepolisian Kanada sedang menyelidiki kasus tersebut.

Universitas Kanada bergantung pada pembiayaan pemerintah, dan penelitian universitas hampir secara eksklusif didukung oleh dana federal, menurut Statistik Kanada. (mg1/wib)

Sponsored Content
Back to top button