Gaya Hidup

Kalau Hanya Diraba, Kanker Payudara HER2 Tak Terdeteksi

INDOPOSCO.ID – Kanker payudara tipe Human Epidermal Growth Factor Receptor 2 (HER2) tidak bisa dideteksi hanya melalui pemeriksaan patologi, termasuk perabaan benjolan.

“Penentuan tipe kanker setelah pemeriksaan patologi untuk mengetahui kanker atau tidak. Untuk sampai ke tipe HER2 harus dilanjutkan pemeriksaan imunohistokimia untuk menentukan tipe HER2 atau bukan. Hampir tidak mungkin (benjolannya HER2 atau bukan, red) diperiksa di rumah,” kata Dokter spesialis bedah onkologi di RSCM, Sonar Soni Panigoro dalam diskusi terbatas secara virtual, dikutip Minggu (21/3/2021).

Dengan kata lain, tidak ada cara mendeteksi kanker payudara tipe HER2 selain melalui pemeriksaan imunohistoskimia. Di sisi lain, tak ada tanda khusus mengarah kecurigaan pada tipe kanker ini selain benjolan yang juga muncul pada tipe lainnya.

Mengenai pencetus tipe kanker payudara ini, menurut Sonar belum ada penelitian yang yang spesifik memperlihatkan HER2 akibat gaya hidup yang buruk.

HER2 hanya mengandung reseptor HER2 tanpa reseptor hormon progesteron dan estrogen seperti pada luminal A dan B. Pengobatannya pun hanya kemoterapi dan pemberian obat anti-HER2 atau Trastuzumab.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button