Nasional

Kakanwil Kalbar Total Terima Suap Rp27 Miliar

INDOPOSCO.ID – Aliran dana yang diterima mantan Kakanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kalimantan Barat Gusmin Tuarita (GTU) terus didalami Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia diduga menerima suap senilai Rp27 miliar dengan menyalahgunakan wewenangnya. Selain itu, dia juga diduga melakukan pencucian uang hasil korupsi.

“Kami telah memeriksa GTU dalam kapasitasnya sebagai tersangka,” tutur Plt juru bicara KPK, Ipi Maryati Kuding, dalam keterangan pers di Jakarta, Sabtu (17/7).

Tim penyidik terus mendalami aliran dana yang diterima tersangka dari sejumlah pemohon izin Hak Guna Usaha (HGU) untuk tanah. Tersangka yang menerima aliran dana diduga melakukan pencucian uang dengan cara pembelian sejumlah aset.

Seperti diketahui, pada 24 Maret 2019 lalu, KPK menahan GTU serta mantan Kepala Bidang Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah Kantor BPN Wilayah Kalbar Siswidodo (SWD). Setelah ditangkap, pada November 2019 kedua pejabat BPN tersebut naik status menjadi tersangka.

Gusmin di kala m njabat Kakanwil BPN Kalbar serta sebelumnya Kakanwil BPN Jawa Timur diduga menyalahgunakan wewenangnya dalam memberikan hak atas tanah sejumlah pengusaha.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button