Nasional

Kader Golkar Terjerat Korupsi, Pengamat: Sudah Terbiasa dan Tak Terpengaruh Pada Pamor Partai

INDOPOSCO.ID – Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin menyatakan, kasus korupsi yang menjerat elite Golkar tidak berpengaruh buruk terhadap pamor partai.

Politikus Golkar Alex Noerdin menjadi tersangka dugaan korupsi sebuah badan usaha milik daerah (BUMD).

Sementara Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin terlibat dugaan penerimaan suap penyidik KPK Ajun Komisaris Polisi Stepanus Robin Patujju.

“Partai Golkar itu sudah terbiasa dengan hal-hal yang seperti itu. Kelihatannya sudah imun terhadap persoalan-persoalan korupsi,” kata Ujang melalui gawai di Jakarta, Sabtu (18/9/2021).

Dulu, tahun 2014 menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2014 pernah ada kasus korupsi pengadaan Al-Qur’an di Kementerian Agama, yang dilakukan kader Golkar. Namun, partai berlogo beringin itu tetap masih masuk partai papan atas.

“Bahkan, pada Pilpres tahun 2019 yang lalu ketua DPR tersangka dan masuk penjara, Golkar masih mendapatkan kursi ke dua terbesar di DPR setelah PDIP,” tutur Ujang.

Untuk Pemilu tahun 2024 mendatang, diprediksi bahwa kans Golkar tidak bakal tergerus meski kadernya sudah banyak dalam pusaran kasus korupsi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button