Nusantara

Jurnalis Medan Tolak Arogansi Tim Pengamanan Wali Kota

INDOPOSCO.ID – Puluhan jurnalis dari berbagai media cetak, daring, dan televisi melakukan aksi demo menolak sikap arogansi yang dilakukan oleh tim pengamanan Wali Kota Medan Bobby Nasution, di depan Kantor Wali Kota Medan, Kamis (15/4/2021).

“Ini merupakan puncak keresahan jurnalis dalam mengakses informasi, terutama ketika ingin mewawancarai Wali Kota Bobby Nasution,” ujar Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Medan Liston Damanik seperti dikutip Antara.

Padahal, menurut dia, pekerjaan seorang jurnalis dilindungi Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik yang disahkan oleh Dewan Pers. “Siapa saja yang menghalang-halangi kerja jurnalis, berarti melanggar undang-undang. Pekerjaan jurnalis merupakan pekerjaan publik, karenanya masyarakat perlu tahu informasi kinerja Pemkot Medan,” ujar Liston.

Aksi unjuk rasa berlangsung secara damai tersebut merupakan buntut dari pengusiran dua jurnalis yang hendak melakukan wawancara “doorstop” Wali Kota Medan yang juga menantu Presiden Joko Widodo, di Kantor Wali Kota Medan, Rabu (14/4).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button