Megapolitan

Jumlah Pendaftar PPDB DKI 2021 Capai 150 Ribu Orang

INDOPOSCO.ID – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan, jumlah calon peserta didik yang mendaftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2022 berkisar 150 ribu orang.

Jumlah tersebut tercatat setelah server PPDB yang sempat terkendala, kini telah berhasil diatasi. Sehingga para calon peserta didik bisa melakukan pengajuan akun untuk mendaftar.

“Tadi pagi itu yang mendaftar sekitar 70-an ribu (orang). Satu jam kemudian sudah 150 ribu. Artinya, sudah bekerja (sistem PPDB),” kata Anies di Jakarta, Selasa (8/6/2021).

Menurutnya, angka calon peserta didik tersebut sudah separuh dari jumlah yang telah diprediksi oleh Dinas Pendidikan yaitu, 300 ribu pengajuan akun.

“Diperkirakan yang mendaftar nanti sekitar 300 ribu, jadi sudah lebih dari berhasil mendapatkan akun pendaftaran,” beber Anies.

Untuk proses pendaftaran masih ada waktu mendaftar hingga Jumat (11/6/2021) mendatang. Dipastikan sejumlah permasalahan teknis tidak kembali terjadi.

Terdapat dua permasalahan dari sistem yang merupakan hasil pengembangan jumlah fitur dari aplikasi PPDB tahun ini. Masalah pertama, menyangkut teknis pengajuan akun pendaftaran dan kedua, terkait data sinkronisasi.

“Masalah yang kemarin muncul adalah bagian dari pengembangan yang sedang dilakukan. Upgrade dilakukan sehingga masyarakat dapat mengisi pendaftaran, melakukan revisi, tetapi konsekuensinya itu beban menjadi lebih besar,” ujar Anies.

Situs Penerimaan Peserta Didik Baru DKI Jakarta sempat tak bisa diakses para wali murid siswa pada, Senin (8/6/2021) kemarin. Alhasil Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta bergerak cepat mengatasinya. (dan)

Sponsored Content
Back to top button