Nasional

JPT Harus Dipastikan Diisi Talenta Terbaik

INDOPOSCO.ID – Pemerintah terus berupaya keras untuk memperbaiki proses pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT), agar benar-benar memenuhi kriteria sistem merit sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang No. 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Proses seleksi pengisian jabatan secara terbuka seharusnya mampu memastikan pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Madya oleh talenta-talenta terbaik di instansi pemerintah.

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Dwi Wahyu Atmaji mengungkapkan bahwa saat ini proses pengisian JPT dihadapkan dengan berbagai tantangan untuk menegakkan sistem merit.

“Di satu pihak kita menginginkan calon-calon yang berkualitas, tetapi di sisi lain, kita selalu berkejaran dengan waktu untuk menentukan calon yang paling tepat,” ujarnya saat membacakan sambutan Menteri PANRB pada Pembinaan Nasional Panitia Seleksi Pengisian JPT di Instansi Pemerintah Daerah secara virtual, Kamis (23/9).

Pemerintah telah menyiapkan sebuah terobosan untuk dapat mengatasi beragam permasalahan terkait pengisian JPT dengan penerapan manajemen talenta. Lewat manajemen talenta, para pegawai sudah disiapkan sejak awal untuk menjadi talenta-talenta unggul di instansi masing-masing yang nantinya akan menduduki jabatan pimpinan.

Para talenta unggul ini kemudian disatukan dalam talent pool yang siap ditempatkan sebagai pimpinan menggantikan para pemimpin sebelumnya. Harapannya ke depan, tidak perlu sebuah instansi harus membuka lowongan jabatan melalui seleksi terbuka, karena semua sudah tersedia di internal masing-masing.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button