Nasional

Jokowi Lantik Kepala BNPB Baru

INDOPOSCO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Ganip Warsito sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Ganip menggantikan Letjen TNI, Doni Monardo yang akan pensiun dari dinas kemiliteran.

Pelantikan Ganip berlangsung di Istana Negara, Selasa (25/5/2021), bersamaan dengan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Ganip saat mengucapkan sumpah.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” sambungnya.

Seperti diketahui, Letjen TNI Ganip Warsito yang merupakan perwira Tinggi TNI-AD aktif ini baru menjabat Kasum TNI sejak 26 Januari 2021. Sebelumnya, jenderal bintang tiga ini menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan.

Ganip Warsito dilahirkan di Magelang pada 23 November 1963. Beliau merupakan lulusan Akmil 1986 dan berpengalaman dalam bidang infanteri. Sebelum mengisi posisi Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan, Ganip pernah menjadi Pangdam XIII/Merdeka. Dan dia menjabat posisi itu selama 2 tahun. (yah)

Sponsored Content
Back to top button