Nasional

Jokowi Kenakan Pakaian Adat Suku Baduy pada Sidang Tahunan MPR

INDOPOSCO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengenakan pakaian adat dalam agenda Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Senin, (16/8/2021).

Jokowi kali ini mengenakan baju adat dari suku Baduy, suku asli Sunda Banten. Pakaian yang dikenakan Jokowi serba hitam dengan songkok berwarna hitam bercampur biru

Pakaian adat suku Baduy terdiri dari talekung atau ikat kepala. Kadang disebut koncer atau roma. Hasil tenun masyarakat Baduy. Kemudian kutung, baju putih lengan panjang tanpa kerah, juga disebut joman sangsang.

anymind

Selain itu, beubeur yang dikenal sebagai ikat pinggang berupa selendang kecil. Serta ada samping aros merupakan sarung berwarna nila beragaris putih dipakai sebatas dengkul.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin Wapres tampak mengenakan pakaian adat Suku Mandar asal Sulawesi Barat.

Ma’ruf mengenakan pakaian perpaduan jas dan celana hitam, dengan kain sarung tenun warna merah bercorak khas Mandar yang digunakan sebagai ikat pinggang, serta penutup kepala yang disebut songkok tabone.

Jokowi akan menyampaikan Pidato Presiden RI dalam rangka Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI Tahun 2021.

Setelah itu, Jokowi menyampaikan Pidato Presiden RI dalam rangka Penyampaikan RUU APBN Tahun Anggaran 2022 disertai Nota Keuangan dan Dokumen Pendukungnya. (dan)

Sponsored Content
Back to top button