Headline

Jokowi Batalkan Vaksinasi Covid-19 Berbayar

INDOPOSCO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membatalkan membatalkan vaksinasi Covid-19
berbayar untuk individu, yang sebelumnya direncanakan akan disalurkan melalui PT. Kimia Farma.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, bahwa pembatalan vaksinasi berbayar tersebut diambil setelah mendapatkan masukan dan respons dari masyarakat.

“Presiden telah memberi arahan dengan tegas untuk vaksin berbayar yang rencananya disalurkan melalui Kimia Farma semua dibatalkan dan dicabut. Sehingga semua vaksin tetap dengan mekanisme yang digratiskan,” kata Pramono Anung di Jakarta, Jumat (16/7/2021).

Pramono menyatakan, seluruh vaksinasi bakal tetap melakukan mekanisme seperti yang telah berjalan saat ini yakni, gratis bagi seluruh masyarakat.

“Semua vaksin tetap dengan mekanisme yang digratiskan seperti yang disampaikan oleh Bapak Presiden sebelumnya,” tuturnya.

Sementara, mengenai Vaksinasi Gotong Royong, mekanismenya tetap dilakukan melalui perusahaan. Nantinya perusahaan menanggung seluruh biaya vaksinasi bagi karyawannya.

“Sehingga dengan demikian mekanisme untuk seluruh vaksin, baik itu yang gotong royong maupun yang sekarang mekanisme sudah berjalan digratiskan oleh pemerintah,” imbuhnya.

Vaksinasi Gotong Royong individu rencananya mulai digulirkan pada, Senin (12/7/2021), melalui sejumlah fasilitas kesehatan Kimia Farma. Layanan itu dibanderol dengan biaya Rp321.660 per dosis dan tarif layanan maksimal Rp117.910 per dosis.

Kebijakan Vaksinasi Gotong Royong individu terbit setelah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meneken Permenkes Nomor 19/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19. (dan)

Sponsored Content
Back to top button