Nasional

Jelang Ramadan 1442 H, Dompet Dhuafa Bersih-bersih di Masjid Agung Demak

INDOPOSCO.ID – Dompet Dhuafa gelar kegiatan Bersih-Bersih Masjid (BBM) di Masjid Agung Demak, Kampung Kauman, Desa Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Kegiatan dimaksudkan guna menyambut bulan suci Ramadan 1442 H yang tinggal menghitung hari.

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, Masjid Agung Demak dahulunya adalah tempat berkumpulnya Walisongo yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Inilah yang mendasari Demak mendapat sebutan kota wali.

Raden Patah bersama dengan Walisongo membangun masjid ini dengan memberi gambar serupa bulus yang merupakan candra sengkala memet yang bermakna Sirno Ilang Kerthaning Bumi. Secara filosofis bulus menggambarkan tahun pembangunan Masjid Agung Demak yaitu 1401 Saka.

Bulus yang terdiri tas kepala memiliki makna 1, empat kaki bulus bermakna 4, badan bulus yang bulat bermakna 0, dan ekor bulus bermakna 1. Hewan bulus memang menjadi simbol Masjid Agung Demak, dibuktikan dengan adanya berbagai ornamen bergambar bulus di dinding masjid.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button