Olahraga

Jelang Musim 2021, Berikut Peta Persaingan Formula 1

INDOPOSCO.ID – Akhir pekan ini Formula 1 kembali bergulir ketika Bahrain menjadi tuan rumah seri pembuka dari 23 Grand Prix yang dijadwalkan di kalender musim 2021.

Para tim dan pebalap pun telah merampungkan tes pramusim selama tiga hari di Sirkuit Internasional Bahrain sebagai persiapan terakhir jelang musim yang memiliki regulasi cukup stabil, kecuali dalam hal pengurangan downforce.

Lewis Hamilton masih menjadi pebalap favorit untuk merebut titel tahun ini, gelar juara dunia kedelapan bagi sang pebalap Inggris juga bagi Mercedes, demi menyematkan dirinya sebagai pebalap tersukses sepanjang masa di F1.

Valtteri Bottas akan menjadi rekan satu tim sekaligus rival terdekat bagi Hamilton seperti di tahun-tahun sebelumnya ketika mereka berdua tandem untuk Mercedes.

Sedangkan tim Red Bull mencuri perhatian setelah memiliki mobil tercepat di sesi tes Bahrain, ketika Mercedes justru berkutat dengan masalah teknis yang menyebabkan mereka melaju dengan jumlah lap paling sedikit di antara tim lainnya.

Tes pramusim lebih sering menimbulkan pertanyaan ketimbang jawaban karena catatan waktu di sana tidak mencerminkan kecepatan sesungguhnya dari mobil-mobil kompetitor. Terdapat banyak variabel yang dilibatkan seperti jumlah bahan bakar, keluaran tenaga mesin, dan sebagainya.

Istilah “sandbagging” juga kerap muncul dalam sesi tes pramusim ketika suatu tim dianggap menyembunyikan kekuatan atau potensi sebenarnya dari mobil mereka.

Hamilton sementara ini memiliki waktu bersama Mercedes hanya sampai pengujung musim 2021 menyusul kesepakatan yang pada akhirnya mereka capai di awal tahun ini.

Pebalap berusia 36 tahun itu berpeluang mengklaim kemenangan Grand Prix ke-100 dalam kariernya, juga pole position serta gelar juara dunia kedelapan, sembari tak menunjukkan tanda-tanda melambat di trek.

Meski masa depannya masih menjadi pertanyaan, kompetitor tanggung seperti Hamilton tentunya ingin merasakan perubahan regulasi besar-besaran di F1 ketika mobil generasi baru diperkenalkan pada 2022.

Sementara itu, rekrutan baru tim Red Bull Sergio Perez, yang diboyong dari Racing Point, cukup baik beradaptasi dengan mobil RB16B pada dua hari terakhir tes Bahrain.

Dengan Perez dan Max Vertappen, Red Bull sepertinya memiliki pasangan pebalap terkuat mereka, sejak duet Daniel Ricciardo dan Verstappen pada 2018, untuk merebut kembali titel yang terakhir kali mereka raih pada 2013.

“Mereka akan menjadi mesin atau binatang yang berbeda tahun ini dengan, saya rasa, pasangan pebalap yang sangat bagus dan mobil yang sangat bagus pula,” kata Hamilton soal Red Bull seperti dikutip laman resmi F1, demikian dilansir Antara.

Di saat Mercedes dan Red Bull memiliki pertarungannya sendiri, persaingan papan tengah diprediksi akan sangat ketat dibandingkan tahun lalu karena McLaren, Alpine, Ferrari, Aston Martin dan AlphaTauri masing-masing memperlihatkan penampilan yang menjanjikan di Bahrain.

Mclaren melanjutkan tren positif mereka dalam dua tahun terakhir hingga mengklaim peringkat tiga konstruktor tahun lalu.

Rekrutan baru Daniel Ricciardo, yang menjadi tandem talenta muda Inggris Lando Norris, menikmati kecepatan mobil McLaren MCL35M yang tahun ini ditenagai mesin Mercedes.

Sedangkan Aston Martin berharap mampu mengembalikan performa Sebastian Vettel dan mengambil pelajaran dari pengalaman juara dunia empat kali itu.

Tahun ini juga akan menyaksikan kembalinya Fernando Alonso setelah dua tahun hengkang dari F1.

Pebalap Spanyol itu kembali ke tim yang membawanya menjadi juara dunia dua kali yang kali ini menjelma menjadi Alpine, brand mobil sport Renault.

Alonso dipasangkan dengan pebalap muda Prancis Esteban Ocon, yang sama-sama akan membuktikan kemampuannya tahun ini.

Sementara itu, rookie asal Jepang Yuki Tsunoda akan banyak belajar di tahun pertamanya bersama tim AlphaTauri. Talenta yang dibawa Honda itu telah mencuri perhatian ketika finis peringkat dua di tes Bahrain, membawa dua mobil Honda di tempat teratas.

Diperkuat Pierre Gasly, yang meraih kemenangan perdananya di Monza tahun lalu, AlphaTauri tak bisa diremehkan.

Mick Schumacher dan Nikita Mazepin, juga akan menjalani debutnya di kasta tertinggi balap mobil kursi tunggal itu bersama tim Haas.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button