Gaya Hidup

Jawab Tantangan Belajar dari Rumah dengan Konten Belajar yang Menarik

INDOPOSCO.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan kegiatan Webinar Digital Society yang membahas mengenai bagaimana cara membuat suatu konten bahan ajar yang menarik bagi anak didik.

Webinar yang diselenggarakan pada hari Kamis (29/4/2021) mengambil tema “Cara Buat Konten Belajar Menarik untuk Peserta Didik”, menghadirkan Nur Fitriana, M.A. (Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda Kemendikbud) dan Evi Nur Aprianti, S.Pd. (Guru Matematika SMP Daarut Tauhiid Boarding School Bandung & Content Creator) sebagai narasumber dan dibuka dengan Keynote Speech dari Semuel Pangerapan, B.Sc (Dirjen Aptika Kemkominfo) dan Jumeri S.TP, M.Si (Dirjen PAUD, Dikdas dan Dikmen Kemendikbud).

Jauh sebelum pandemi Covid-19 melanda, media pembelajaran hanya sebatas pada materi yang disampaikan oleh guru kepada anak didik, biasanya dalam bentuk powerpoint (PPT) dan modul-modul ajar yang tebal dan penuh dengan tulisan.

Semasa pandemi Covid-19 dimana pembelajaran dilakukan secara daring, guru dituntut untuk lebih kreatif menciptakan berbagai bahan ajar yang bisa dikemas dalam bentuk video-video menarik dan tidak membosankan.

Seperti pantun yang diucapkan Jumeri dalam akhir sambutannya, “Pergi ke pasar membeli teh tarik, pulangnya tidak lupa ke pasar ikan, mari perbanyak konten belajar yang menarik agar peserta didik semangat dan tercerahkan.”

Sebagai narasumber pertama, Nur Fitriana memberikan pemaparan dari Kemendikbud dalam membantu tenaga pendidik untuk membuat konten bahan ajar yang menarik, dan lebih lanjut Nur juga mendorong para guru dan peserta didik untuk bisa memiliki literasi yang baik dan rajin mengunjungi laman Kemendikbud untuk mendapatkan informasi terkini terkait bagaimana membuat bahan ajar yang menarik.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button